Selasa, 31 Desember 2013
Kali ini saya akan sharing pengetahuan mengenai STOP MOTION. Pertama kali saya kenal dengan stop motion karena video yang ditayangkan oleh dosen Multimedia Interaktif. Video yang ditampilkan oleh beliau salah satunya :


hanya menggunakan Nokia N8

Cara pengambilan gambarnya sangat tak terduga, yaitu diambil dari ketinggian sekian kilometer.

sumber : klik gambar

Behind the scene
Mulai dari perencanaan, persiapan sampai pengambilan gambar yang dilakukan dengan kerja team work.



Gimana kawan? 
Udah dapat gambarannya kan?


Apa itu Stop Motion?
Stop motion merupakan video yang dibuat dari kumpulan beberapa gambar/foto. Foto yang diperlukan tidak hanya puluhan, bahkan ratusan hingga ribuan foto. Walaupun beratus / beribu foto yang dikumpulkan, tapi video yang dihasilkan tidak lama, sekitar beberapa menit saja. 

Teknik Pembuatan
Pembuatan stop motion bisa dilakukan dengan apa saja. Contohnya :

1. Kertas (paper motion)



2. Papan tulis (whiteboard motion)



3. Claymotion


4. Peoplemotion



Alat dan bahan yang diperlukan
Sebenarnya sesuai kebutuhan pembuat, mau membuat stop motion apa. Untuk peralatan umum yang diperlukan cukup tiga saja, antara lain :

1. Kamera
Alat yang satu merupakan hal yang wajib dan pokok. Karena tanpa kamera, kita tidak bisa membuat stop motion. Untuk jenis maupun spek kamera tidak terlalu ditentukan. Kalian bisa menggunakan berbagai jenis kamera. Kalau mau hasilnya bagus, ya pakai kamera yang canggih. Kalau cuma sekedar iseng atau tidak untuk komersial, cukup pakai pocket camera atau kamera handphone. Untuk menunjang kerapian pengambilan gambar, kalian bisa menggunakan tripod. Dengan tripod, letak objek tidak akan bergeser ketika dishoot beberapa kali. Jika tidak punya tripod, kalian harus bersabar untuk tidak menggeser letak kamera.

2. Skenario
Skenario disini adalah jalan cerita dari video yang akan kita buat. Tentukan dahulu jalan ceritanya. Ide stop motion dapat diperoleh dari berbagai sumber, baik media maupun pengamatan langsung. Sudah banyak stop motion di youtube yang bisa kalian jadikan referensi jalan cerita. Jenis dan temanya pun bermacam-macam, ada dengan tema hari ulang tahun, cerita kehidupan, komedi, romantis atau yg lainnya.

3. Perlengkapan
Perlengkapan yang digunakan menyesuaikan dengan jalan cerita. Silahkan kalian berkreasi dengannya. 

Semoga bermanfaat ^^

Fauziah Husnaa

Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

4 komentar:

  1. Aku suka banget bikin stopmotion :D Tapi dulu gak punya tripod jadi bikin tangan 'agak' pegel hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama fa,
      sampai saat ini masih suka stop motion dan bikinnya masih pake tangan :)

      Hapus

Thanks For Reading and visiting....
Please Leave Your Comment ^____^