Senin, 30 Desember 2013
Awalnya saya orangnya kuper, cupu, kudet de el el. Tapi sekarang? hm,, mungkin masih sama saja. haha
Sejak mulai belajar di sekolah pertama kalinya hingga menginjak kelas tiga SMA, saya tidak pernah ikutan apapun. Seusai sekolah langsung pulang tanpa mampir kemna-mana. Y, selama tiga belas tahun itu saya tidak mengenal organisasi atau kegiatan diluar sekolah apapun. Eh, enggak sih, kelas dua SMA saya pernah mengikuti ekskul (ekstrakurikuler) SKI (Sie kerohanian Islam). Saya daftar di ekskul itu karena dulu wajib mengikuti satu ekskul selain pramuka. Jadinya milih SKI aja karena gak tertarik ke yang lain.. haha... Tapi gak bertahan lama, saya cuma sempat mengikuti acara renungan alam yang waktu diadakan di Telaga Ngebel, Jawa Timur. Dan saya tidak melanjutkan lagi karena memang SKInya gak aktif.

Setelah lulus SMA, dan alhamdulillah masuk program studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta tanpa harus bersusah payah belajar ekstra.



Di tahun pertama, banyak kegiatan kampus maupun organisasi bagi maba (mahasiswa baru). Seperti mahasiswa baru lainnya, saya akhirnya mengikuti berbagai macam kegiatan yang diadakn oleh beberapa organisasi. Salah satu yang menarik perhatianku adalah HIMANIKA. Ya, himpunan mahasiswa jurusan pendidikan teknik elektronika dna informatika. Disini, saya mengenal banyak hal baru. Saya sangat mengagumi HIMANIKA ini karena kualitasnya bagus-bagus. Agenda yang diadakannya pun juga luar biasa. Memang sih, ketika mengenal HIMANIKA pada pertama kalinya, HIMANIKA itu menegangkan dan sangat disiplin. Kenapa? Karena ketika malam keakraban (makrab), kami dilatih untuk disiplin dan tegas. Banyak para pengurus HIMANIKA dulu yang memasang tampang seram dan galak. hehe ^_^ ... padahal sejatinya mereka itu baik, ramah, dan friendly.

logo HIMANIKA FT UNY


Walaupun saya sempat kurang senang dengan HIMANIKA, tapi entah kenapa pada program kerja HIMANIKA setelah makrab, yaitu ELINFO (Electronics and Informatics Enginerring) saya akhirnya mendaftar sebagai panitia. Saya masuk sie humas yang dibersamai oleh kakak pengurus (mas udin, mbak nur, mbak asli, dll). Sie humas merupakan sie yg paling capek. Karena kami harus stay mengurusi peserta mulai pra acara sampai hari H. Tapi kamilah yang paling dikenal oleh peserta. Gimana enggak, kan kami jadi line officer juga.. wakaka.. Walau capek, tapi saya sangat senang. Bisa kenal peserta dari berbagai kampus :)

Agenda selanjutnya yg saya ikuti adalah Baksos dan Qurban di hari idhul Adha. Ya, ini pertama kali saya ber-idhul adha di Jogja, di tempat yang belum pernah saya kunjungi. Padahal di acara baksos ini, saya tidka pernah datang rapat karena malas.. hehe... Tapi saya diberi kesempatan untuk mengikuti di hari H. So, di hari H saya cuma membantu di bagian dapur, ya karena saya masuk sie konsumsi.. haha

Di akhir tahun, saya mendaftarkan diri sebagai pengurus di HIMANIKA. Caranya daftar cukup mudah, yaitu mengisi formulir, kemudian wawancara. Ketika wawancara, saya bilang ke mbak yg mewawancarai kalau saya ingin masuk Departemen Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) karen saya suka hal yg berbau sosial. Tapi eh ternyata setelah resmi jaid pengurus, saya baru tau kalo kesma itu bidang pengkaderan... wow... salah milih departemen nih.. padahal saya gak punya jiwa kaderisasi.. haha

Pengurus HIMANIKA 2012


Dan kehidupan kuliah saya diwarnai dengan kuliah, rapat, pulang. Kalau di HIMANIKA ini, ada jam malam putri yaitu pengurus putri boleh berada di kampus smapai jam 20.30 aja. Setelah itu, diwajibkan meninggalkan area kampus. ^_^

Kehidupan organisasi saya di HIMANIKA belum berjalan lancar dna maksimal karena selain HIMANIKA, saya juga mendaftar di KMM (Keluarga Muslim al-Musthofa) yaitu SKI nya fakultas teknik.

Dan akhirnya satu tahun kepengurusan selesai. Selama satu tahun itu, saya mendapatkan berbagai pelajaran hidup :
  1. Selain kuliah, kemampuan organisasi juga diperlukan karena ke depannya kita akan membaur di masyarakat yang memerlukan kemampuan komunikasi dan menghadapi berbagai watak orang.
  2. Keluarga di kota perantauan dapat kita dapati dengan berorganisasi
  3. Banyaknya waktu luang selama perkuliahan dapat kita maksimalkan dengan berkontribusi di organisasi
  4. Dengan berorganisasi kita dapat memperluas jaringan komunikasi dna mengasah skill kita.
  5. Di organisasi kita belajar menerima, memberi dan berbagi.

terimakasih HIMANIKA keluarga pertamaku :)

Fauziah Husnaa

Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

24 komentar:

  1. emg pada dasarnya semua organisasi, termaksud himpunan mahasiswa jurusan menawarkan kekeluargaan antar anggota, tp ga sedikit juga himpunan mahasiswa jurusan malah disalahartikan jd aksi senioritas -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masih ada ya yg senioritas gt ? ckckck... -_-
      hm,, alhamdulillah selama ini gak masuk organisasi kayak gt ;D

      Hapus
  2. Mau belajar berorganisasi juga tapi kayaknya nggak sempat kalau inshaallah saya jadi Asisten Lab T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. udah ditawarin yak? :D
      gak usah ragu, an, di tempatku justru yg jadi asdos itu hampir semua ikut organisasi, baik himpunan mahasiswa maupun ukm :)
      yakin deh ,,

      Hapus
    2. hahaha udah daftar, tinggal ikut test awal January,
      wahhh kok beda banget ya, di tempatku malah nggak ada waktu sama sekali, kerja dari pagi jam 7:20 pulang malam jam 8:00 paling cepat -.- setiap harinya bahkan saat mahasiswa libur pun masuk kerja

      Hapus
    3. oh ada pendaftarannya ya?
      la emang di tempatmu kuliahnya full ya?
      libur tetap masuk? jagain lab gt po?

      Hapus
    4. hahaha iya ada pendaftarannya,
      iya nggak tau tuh libur juga masuk kecuali minggu dan tanggal merah, mereka tiap hari dikasih project gitu harus dikerjain dengan deadline yang ditentukan, katanya buat mengasah kecerdasan mereka.

      Hapus
    5. la kuliahny gmna? itu kerja partime gt ya?

      Hapus
    6. nah kuliahnya yang menyesuaikan dengan pekerjaannya, jadi aslab kelasnya nggak tentu kadang sama senior kadang sama junior itu yang ngga enaknya jarang ketemu teman

      Hapus
    7. oh gitu ya..? hm,, ilmu baru.. :D
      emg klo gt tu berapa semester?

      Hapus
    8. hahaha iya benefitnya banyak banget, masa kerjanya maksudnya? kontrak 2 tahun kerja harus mengabdi.

      Hapus
    9. kerjanya berat jg ya...
      digaji jg ?

      Hapus
    10. iyalah digaji, makanya banyak yang daftar, gajinya lumayan gede, bisa ngehidupin 3 orang dalam sebulan di jakarta hehehe

      Hapus
    11. gajiannya?? gajinya dibayar perbulan, truss kontraknya 2 tahun (4 semester).

      Hapus
    12. iya sangat menggiurkan makanya pendaftarnya banyak hehehe

      Hapus
    13. wahh kalau lulus tepat waktu sih rata-rata ia, soalnya systemnya Binus maksain kita semua lulus tepat waktu, jadi kalau misalnya semester 1 nggak lulus, dia ngulang tapi ngulangnya cuma beberapa bulan dan langsung ngikut semester 2

      Hapus
    14. beda ya sistemnya
      klo ditempatku ngulangnya di tahun depan. jadi bareng ama adik tingkat.

      Hapus
    15. iya sih ada yang beberapa ngulangnya sama adik tingkat, soalnya udah ngulang malah ngulang lagi -.- itu udah level parah

      Hapus
    16. iyaa aamiin nggak semoga nggak aamiin :D

      Hapus

Thanks For Reading and visiting....
Please Leave Your Comment ^____^