Kamis, 14 Juni 2012
Judul Buku   : Khazanah, Menelisik Warisan Peradaban ISlam dari Apotek hingga Komputer Analog
Penulis         : Heri Ruslan
Penerbit       : Republika

angka 0, angka sederhana yang tak bernilai jika berdiri sendiri, namun sangat bernilai jika berdiri bersama angka lain. Ya, itulah angka nol yang ditemukan oleh ilmuwan Islam. Tak hanya itu, ilmuwan Islam dalam bidang matematika juga telah banyak memberikan sumbangan pada bidang aritmetika, geometri, kalkulus, dan trigonometri. JJ O'Conner dan EF Robertson dalam Mactutor History mengatakan, "Kami (Barat) berutang terhadap matematika Islam." Menurut mereka, begitu banyak ide-ide brilian yang berkembang dalam bidang matematika Eropa pada abad ke 16, 17, dan 18 ternyata merupakan hasil pemikiran ahli matematika Islam.

Sudah sejak dulu, ilmuwan Islam berkiprah di dunia lewat penemuan-penemuannya yang spektakuler. Mungkin saja kita yang saat ini telah terbuai oleh teknologi yang berasal dari Barat, selalu berasumsi bahwa semua teknologi berasal dari Barat. Padahal tidak demikian.

Tulisan-tulisan dalam buku ini bercerita soal kiprah ilmuwan Islam di dunia kedokteran, farmasi, astronomi, matematika, kamera obscura, komputer analog, kedirgantaraan, industri tekstil, dan yang lain. Buku ini menjelaskan kepada kita bahwa ternyata Islam pernah mencapai kejayaan dengan pencapaian-pencapaian yang luar biasa dalam dunia keilmuan maupun dunia industri.

Kekhalifahan Islam yang sempat berjaya di abad pertengahan telah memberi sumbangsih yang sangat tak ternilai bagi peradaban modern. Boleh jadi, tanpa kontribusi dan pemimpin, ilmuwan dan cendekiawan Muslim di era itu, dunia tak akan mengalami lompatan kemajuan seperti saat ini.

Sayangnya, kontribusi penting peradaban Islam di berbagai bidang itu seakan sengaja dilupakan. Akibatnya anak-anak muda Muslim pun lebih mengagumi ilmuwan Barat. Padahal, jauh sebelum Barat menguasai peradaban, Islam lah yang menguasai dunia. Kurikulum pendidikan di negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia ini seakan tak pernah mengenalkan sejarah dan kegemilangan yang pernah ditorehkan umat Islam. Oleh karena itu, penulis berusaha membangkitkan kesadaran akan besarnya kontribusi ilmuwan Islam bagi peradaban manusia melalui buku ini.

sumber : disini

Fauziah Husnaa

Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

4 komentar:

  1. kalo gak salah yang nemuin angka 0 itu alKhawarizmi ya?
    cmiiw

    BalasHapus
  2. wah... kayaknya tidak dicantumkan alamat pengambilannya ini mbak.:-)

    BalasHapus
  3. @Hąmząh wah... pintarr... :D
    dialah ilmuwan Islam yg penting. tapi sygnya jasanya hampir terlupakan...

    cmiiw ? istilah apa itu ya...
    mbak ku kok jg nyebutin kata itu??

    BalasHapus
  4. @Edi Kurniawan sebenarnya sudah, mas e... cuma awal e di-link ke huruf "a" yg plng bawah... tp ni dah tk perbaiki...

    BalasHapus

Thanks For Reading and visiting....
Please Leave Your Comment ^____^