Selasa, 09 Juli 2013

Praktikum Komunikasi Data 1

A. PING (Packet Internet Ghoper)

Merupakan salah satu cara untuk mengecek konektivitas pada sebuah jaringan. Caranya pun cukup mudah. Buka cmd/command prompt > ketikkan “ping (jaringan/situs yang dituju)”. Data yang dituju tersebut akan langsung dikirimkan ke server melalui paket data. Kemudian akan dimunculkan di cmd berupa info mengenai data tersebut, yaitu ip address, ukuran data, waktu mengirim, paket data yang dikirim, diterima dan yang hilang, kecepatan transfer paket data (maksimum, minimum, rata-rata).

Contoh jaringan dalam negri :



Contoh jaringan luar negri :






B. Tracertout (Tracert)
Merupakan salah satu cara untuk mengecek konektivitas suatu jaringan melalui beberapa perantara (router) sebelum sampai ke server. Caranya pun hampir sama dengan cek konektivitas dengan ping, yaitu buka cmd > ketikkan “tracert (jaringan yang dituju)”. kemudian komputer akan mengirim paket data dengan melewati beberapa router yang ada dan dialihkan ke servernya. Prosesnya pun lebih lama karena harus melewati beberapa router. Setelah sampai ke server, server akan mengirimkan respon berupa ip address jaringan yang dituju, kecepatan transfer data, nama router yang dilewati.

Contoh jaringan luar negri :


Fauziah Husnaa

Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

0 terbaik

Thanks For Reading and visiting....
Please Leave Your Comment ^____^