Selasa, 01 Mei 2012
Sistem operasi adalah software utama yang bertugas melakukan Benjamin dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta software-software lain sehingga software-software lain tersebut dapat berjalan. Sistem operasi itu sendiri digunakan sebagai interface perantara antara user dan device yang digunakan untuk mengontrol/memanage device maupun aplikasi di dalamnya.




Symbian OS
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile). Saat ini Symbian OS banyak telah banyak digunakan oleh berbagai vendor produk peralatan komunikasi mobile pada berbagai jenis produk mereka yang bervariasi. Variasi dari sisi hardware ini dimana Symbian OS diimplementasi dapat dimungkinkan karena sistem operasi ini memiliki antarmuka pemprograman aplikasi (Application Programming Interface; API). API mendukung terhadap komunikasi dan tingkah laku yang umum pada hardware yang dapat digunakan oleh objek aplikasi lain. Hal ini dimungkinkan karena API merupakan objek antarmuka yang didefenisikan pada level aplikasi, yang berisikan prosedur dan fungsi (dan juga variabel serta struktur data) yang mengelola/memanggil kernel dimana sebagai penghubung antara software dan hardware. Dengan adanya standar API ini membantu pihak pengembang untuk melakukan penyesuaian atas aplikasi yang dibuatnya agar dapat diinstal pada bermacam produk mobile. 

Mirip seperti sistem operasi desktop, Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori. Dan semua pemrograman pada Symbian dilakukan secara event-based, artinya hardware CPU menjadi tidak aktif ketika tidak ada inputan berupa aktivitas tertentu. Namun perlu dipahami sistem operasi ini memang ditujukan untuk diinstal pada peralatan mobile dengan keterbatasan sumber daya. Multithread dan multitasking memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Namun khusus ini, adanya preemptive multitasking kernel akan memberi tiap-tiap program suatu pembagian waktu pemprosesan yang dilakukan bergantian dengan cepat sehingga nampak bagi pemakai seolah-olah proses ini dieksekusi secara bersamaan. Untuk itu telah didefinisikan penjadwalan berdasar prioritas tertentu untuk menentukan proses mana yang berjalan terlebih dahulu dan proses apa berikutnya serta berapa banyak waktu akan jadi diberi. sebenarnya OS ini bisa dikatakan bukan operating system sejati. Karena masing-masing vendor akan menerapkan sistem yang berbeda untuk produknya. Kebanyakan java ini digunakan untuk capabilitas aplikasi dari pihak ketiga. misalnya java game atau aplikasi handphone lainnya. Namun tidak semua handset yang telah mendukung java ini juga akan mampu mendukung aplikasi yang sama, karena hal ini terkait sistem dan hardware yang bersangkutan. Hal inilah yang membuat handphone china walaupun telah mendukung java tapi tidak bisa disuntikkan game java yang umum beredar. Sistem operasi ini memiliki kelebihan open source serta membutuhkan memory & prosesor yang relatif kecil. Sedangkan kelemahannya yang paling utama adalah tidak (belum) support multi tasking (beberapa aplikasi berjalan bersamaan). Sehingga ponsel tersebut tidak memiliki tombol untuk switch application atau gambar. 

Windows Mobile 
Windows Mobile adalah salah satu sistem operasi (OS) mobile yang dikembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainya. Versi saat ini disebut 'Windows Mobile 6.5'. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop. Sebagai tambahan, third party software development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. Microsoft mengumumkan platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile seri 6.x tidak dapat di upgrade ke Windows Mobile seri 7. 

Android 
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Di dunia terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). 

Palm OS
Palm OS (dikenal juga sebagai Garnet OS) adalah suatu sistem operasi mobile yang awalnya dikembangkan oleh Palm, Inc untuk perankat PDA pada tahun 1996. Perusahaan ini sendiri didirikan pada tahun 1992 dan bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Palm OS dirancang untuk perangkat yang ease of use dengan user interface touchscreen berbasis grafis. Didalamnya telah disediakan suite aplikasi dasar untuk manajemen informasi pribadi. Beberapa tahun kemudian platform diperluas sehingga dapat mendukung smartphone dan PDA phone. Setelah membeli Palm merek dagang Palm oleh ACCESS yang kemudian mengganti namanya menjadi Garnet OS. Pada tahun 2007, ACCESS memperkenalkan penerus ke Garnet OS, dengan nama Access Linux Platform pada tahun 2009 lalu. Kelebihan PalmOS dibandingkan dengan sistem operasi lainnya adalah Palm memiliki kebutuhan sistem yang sedikit dan cepat sehingga tidak dibutuhkan perangkat PDA yang canggih dan mahal, dan tidak memerlukan banyak memory untuk dapat menjalankannya dengan baik. Sedangkan kelemahan Palm OS yaitu tidak memiliki media penyimpanan eksternal/tambahan, walaupun bisa diisi sebuah program, Software maupun Aplikasi tetapi tidak bisa di instal dengan kapasitas yang banyak karena hanya keterbatasan memori. Selain itu , perusahaan yang mengembangkan Palm telah dihentikan maka kemungkinan perkembangan program Palm tidak akan ada lagi dan development yang ada sekarang mungkin hanya berupa support untuk produk produk lama Palm 

Blackberry OS
Sistem operasi ini dikembangkan oleh RIM (Research In Motion) yang merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk telekomunikasi. Didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini bermarkas di Waterloo, Ontario. OS ini saat ini digunakan oleh ponsel BlackBerry keluaran RIM. Sistem operasi dapat melakukan multitasking dan mendukung perangkat input khusus yang telah diadopsi oleh RIM untuk digunakan seperti trackwheel, trackball, dan yang paling baru-baru ini, yang trackpad dan touchscreen. Platform BlackBerry menyandang MIDP 2.0, yang memungkinkan aktivasi nirkabel lengkap dan sinkronisasi dengan Microsoft Exchange, Lotus Domino, atau Novell GroupWise email, kalender, tugas, catatan, dan kontak, ketika digunakan bersama dengan BlackBerry Enterprise Server. Sistem operasi juga mendukung WAP 1.2. Pembaruan sistem operasi secara otomatis tersedia dari operator selular yang mendukung layanan. OTASL BlackBerry (over the air software loading) pengembang pihak ketiga dapat membuat perangkat lunak menggunakan BlackBerry API yang tersedia (application programming interface/aplikasi pemrograman antarmuka), meskipun aplikasi yang menggunakan fungsi tertentu harus dalam keadaan “digitally singned”. RIM mengembangkan dan rilis versi update dari sistem operasi untuk mendukung masing-masing perangkat, terserah operator individu untuk memutuskan jika dan ketika versi dilepaskan untuk para penggunanya. 

Apple OS
Apple sebagai kompetitor bebuyutan Microsoft juga tidak mau kalah untuk terjun di dunia ponsel. Sama seperti Windows Mobile, Iphone OS pun menawarkan hal yang sama yaitu sinkronisasi dengan produk Apple yang lain. 

Mobile Linux
Linux adalah salah satu sistem operasi yang kerap digunakan oleh vendor Motorola. Baik dalam seri ROKR maupun seri PDA layar sentuh mereka. Namun keterbatasan dukungan fungsi aplikasi tambahan dan user interface yang kurang familiar menyebabkan sistem operasi ini timbul tenggelam dalam dunia ponsel. Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya. Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat. 

Samsung Bada
Operating System besutan samsung ini menanamkan Adobe ® Flash ® Player dan WebKit browser Internet langsung ke aplikasi asli, kontrol peta bada mudah tertanam dalam aplikasi Anda untuk memberikan pemetaan interaktif dan routing dengan fitur POI bagi pengguna Anda. Platform bada memberikan modalitas interaksi pengguna termasuk gerak penginderaan, kontrol fine-tuned getaran, dan deteksi wajah. Samsung bada juga menyediakan mekanisme untuk mengembangkan sensor-based, aplikasi-sadar konteks. Dengan layanan cuaca dan sensor seperti percepatan, magnetik, miring, GPS, dan sensor jarak, pengembang aplikasi dapat dengan mudah menerapkan konteks-aware, aplikasi interaktif. 

Maemo
Dikembangkan oleh Nokia sebagai alternatif sistem operasi berbasiskan Linux Debian. Maemo merupakan sebuah platform yang bersifat open source untuk perangkat-perangkat yang menggunakan sistem Linux, seperti internet tablet, yang mewarisi arsitektur Linux dari sistem operasi Unix. Maemo dibuat melalui komponen open source yang digunakan secara luas dengan beberapa tambahan untuk mengintegrasikan kesemuanya dengan baik pada perangkat yang menggunakannya. Sistem operasi ini lebih diperuntukkan bagi mereka yang lebih mengutamakan aktifitas internetan dan browsing ketimbang voice atau komunikasi. Tak heran dalam setiap rilis devicenya, Nokia selalu mengutamakan resolusi layar yang besar dan lebar lengkap dengan layar sentuh plus keypad QWERTY dalam bentuk slide. Saat ini Nokia telah merilis tiga internet tablet menggunakan platform Maemo, yaitu Nokia 770, Nokia N800, dan Nokia N810, dan yang terbaru Nokia N900. 

Meego
Meego adalah proyek sistem operasi open source berbasis Linux yang pertama kali di umumkan pada Mobile World Congress bulan Februari 2010 oleh Intel dan Nokia. Sistem operasi ini merupakan penggabungan antara Intel Moblin dengan Nokia Maemo. Penggunaan dari sistem operasi ini ditujukan pada perangkat mobile, tablet PC, dan Netbook.

Fauziah Husnaa

Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.

0 terbaik

Thanks For Reading and visiting....
Please Leave Your Comment ^____^