KALIMAT EFEKTIF
-minimal terdiri atas subjek dan predikat yg disusun hendaknya memiliki kelengkapan struktur
-bisa menyampaikan gagasan, makna yg diinginkan si penulis
-memenuhi syarat kalimat efektif (formal)
-melihat sikon/konteks komunikasi dimana (formal/nonformal)
-jika tdk lengkap disebut fragmentaris
pola kesalahan umum dlm penyusunan kalimat efektif
1. penggunaan dua kata yg sama artinya dlm sebuah kalimat
2. penggunaan kaat berlebih yg mengganggu struktur kalimat
3. penggunaan imbuhan yg kacau
4. kalimat yg tdk selesai
5. penggunaan kata dg struktur dan ejaan yg tdk baku
6. penggunaan kata tdk tepat kata 'dimana' dan 'yg mana'
7. penggunaan kata daripada yg tdk tepat
8. piluhan kata yg tdk tepat
9. kalimat ambigu
10.pengulangan kata yg tdk perlu
11. kata 'kalau' yg dipakai secara salah
-topik = peristiwa / fenomena yg terekam oleh indera kita atau hal" yg terbayang oleh pikiran kita
-bentuk topik :
a. kata = terorisme (berimbuhan), bbm (singkatan), Pilkada (akronim), tsunami (kata)
b. kalimat = krisis BBM, demokrasi rakyat terbentuk melalui pilkada
-hindari kata transitif (predikat yg tdk mengaharpkan objek)
-fungsi kalimat topik :
1.judul KTI
2.kalimat utama dlm sebuah paragraf
3.dlm spanduk, poster, iklan
-mencari topik :
1.buku referensi. > baca teliti > kritis > bandingkan teori dg fakta
2.hasil penelitian/KTI terdahulu > angakt bagian2 yg blm diteliti
3.isu-isu yg hangat. > analisis kesenjangan teori dan fakta
4.pengalaman ketika mengamati lapangan. >
-syarat kelayakan pemilihan topik utk diteliti :
1.harus aktual/menarik erhatian msy
2.harus bisa memperluas wawasan bidnag studi
3.harus menguasai
4.harus anda minati
5.harus tersedia bahan teoritis/data empiris
6.fokus (konsentrasi pd topik)
-perbedaan tema, topik, judul
tema=luar
topik=dalam
judul=paling dalam
jenis topik
1.jenis kajian pustaka/penelitian eksploratif (penulis memberikan argumen berdasarkan dafatr pustaka)
kata kunci = analisi x dlm upayay di z, studi x dalam rangka y, deskripsi tentang x di y
2.jenis penelitian verifikatif (diuji dlm data2 empiris di lapangan > kesimpulan dan saran)
hub interaktif(timbal-balik) = pengaruh x thd y, dampak x thd y
hub integratif = partisipasi x dlm y, hub x dan y
3.jenis pengembangan
kata kunci = pengembangan alat x utk peningkatan y, pengembangan pola x dlm y
Fauziah Husnaa
Masih perlu banyak belajar. Belajar apa saja. Hampir selesai KKN-PPL dan sedang akan mengajukan judul skripsi. Sangat suka dengan desain dan kartun... Masih aktif sebagai mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta.
0 terbaik